Advertisement

Cibinong │ newspkp.com – Selasa 9 Februari 2021, Jajaran Tim tugas yang dipimpin langsung oleh kalapas kelas II A Pondok Rajek Cibinong. Melakukan giat pemeriksaan di setiap blok – blok ruang lembaga pemasyarakatan, dengan menyisir satu persatu blok yang dihuni oleh warga binaan (narapidana) di lembaga pemasyarakatan tersebut.

Sebelum sidak dilakukan kalapas lembaga pemasyarakatan kelas II A. Pondok Rajeg Cibinong Bogor , Usma M.A.Md.IP, S. Berserta jajaran di struktural lingkungan lembaga kemasyarakatan kelas II tersebut, melakukan persiapan terlebih dahulu dengan tetap menerapkan standar kesehatan serta aturan – aturan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang akan dilakukan dalam tugas sidak (Inspeksi Mendadak), guna mensterilkan lingkungan dirutan dari berbagai jenis barang – barang terlarang yang tidak diperbolehkan masuk kedalam lembaga pemasyarakatan.

Pukul : 20.15 WIB, apel persiapan sidak yang dilaksanakan antara kalapas berserta petugas – petugas jaga tersebut selesai dan langsung dilakukan penyisiran di blok – blok ruang tahanan.

Pada pukul : 22. 43.wib, sidak penyisiran selesai dilakukan oleh petugas jaga lapas kelas II A.Pondok Rajeg. Dan dari hasil sidak penggeledahan ditemukan beberapa barang – barang yang dilarang untuk dibawa masuk kedalam rutan. Yaitu berupa alat komunikasi berupa belasan handphone, beserta empat buah power bank, dan puluhan barang – barang lainnya seperti gunting, pisau cutter, garpu, kawat, pisau dan barang – barang lainnya yang dilarang berada di ruang tahanan tersebut.

KA.KPLP Agung Nurbani.A.Md.I.P,SH. Selaku petugas lapas menggelar langsung acara press conference, dihadapan awak media dipaparkan hasil temuan barang – barang yang dilarang berada dan dimiliki oleh warga binaan (narapidana) dan kepada media yang hadir Selasa 9/2/2021, di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A.Pondok Rajek Cibonong Bogor. Dijelaskan oleh kalapas, Usman M.A.Md.IP.S, “Ini adalah hasil dari penggeledahan malam ini kita sidak langsung keruang – ruang hunian di dua blok dan kita telah menyaksikan bersama serta dihadapan rekan – rekan media saya menggelar langsung hasil dari sidak malam ini dan ini adalah barang – barang yang dilarang berada di dalam lapas dan dilarang dimiliki oleh warga binaan (narapidana) hasil temuan sidak malam ini dapat kita saksikan banyak sekali barang – barang yang jelas – jelas dilarang berada disini” pungkas Usman.

KA.KPLP. Agung Nurbani.A.Md.I.P.SH juga mengatakan “Ini adalah giat rutin yang merupakan agenda rutin yang terus dilakukan, guna memberikan rasa aman dan kenyamanan dilingkungan lapas yang bukan hanya untuk warga binaan saja namun juga untuk kepentingan keselamatan kita bersama yang berada di wilayah lingkungan lapas ini, hal ini tidak hanya sebatas penggeledahan saja” ujar Agung. “Ini juga bagian dari pengawasan pencegahan yang ketat dilakukan disini dan juga mencegah masuk atau cegah tangkal penyebaran narkotika disini” tegas Agung.

Dijelaskan oleh kepala lembaga pemasyarakatan kelas II A. Pondok Rajeg Cibinong Bogor, dari hasil sidak malam ini dan ditemukan barang – barang yang dilarang berada di lingkungan rutan ini akan dibuatkan berita acaranya selanjutnya barang – barang tersebut diamankan untuk selanjutnya dimusnakan, agar hal ini dapat menciptakan rasa aman tentram serta menjadi efek jera bagi warga binaan (narapidana) untuk memilikinya kembali. “Kami petugas dilapas ini akan tetap melakukan giat – giat pengawasan dan tetap juga menjalankan aturan serta mekanisme SOP pelaksanaan tugas sesuai dengan aturan hukum” tutup Usman.

Nuryanih


 226 total views,  1 views today

loading...

By newspkp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *