Bogor newspkp.com.Tepat 3 Juni 2021 mendatang, Kabupaten Bogor memasuki usia 539 tahun. Dalam rangka memperingati HJB 539 tersebut, Bupati Bogor Ade Yasin mengajak masyarakat untuk mencintai kuliner tradisional 20/5/2021

“Dalam rangka menyambut HJB ke-539 di tengah pandemi ini, salah satu spirit yang harus dikedepankan adalah dengan mencintai kuliner tradisional. Kehadiran kuliner tradisional dengan olahan modern menjadi satu inovasi dan alternatif solusi dalam mendukung petani lokal dan komunitas pangan lokal dalam rangka pemulihan ekonomi daerah, “ujar Ade Yasin.

Menambahkan budaya, dengan mencintai kuliner tradisional berarti menjaga eksistensi dan identitas budaya lokal.

“Menjaga eksistensi kuliner tradisional serta menempatkannya sejajar atau bahkan lebih tinggi dari kuliner asing, akan berdampak positif bagi masyarakat. Pengenalan makanan tradisional kepada generasi muda juga penting karena dapat menilai identitas budaya lokal kita, “tegas Ade Yasin.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor, Zainal Syafrudin, menyampaikan bahwa acara bertajuk “Gerakan Aku Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal” ini menjadi salah satu program dalam rangka pemulihan ekonomi daerah.

“Kita sudah tidak mungkin lagi menghambat laju modernitas, yang kita bisa lakukan sekarang adalah mencoba bersahabat dan sejalan dengan, namun tanpa identitas kita sebagai bangsa yang berbudaya, ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan dan melahirkan berbagai inovasi makanan tradisional asli Kabupaten Bogor agar tidak pudar diterjang serbuan makanan internasional, “ujar Mprud sapaan akrabnya.

Kegiatan Gerakan Cinta Makanan Tradisional, Bahan Pangan Lokal ini akan diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor di Kebun Raya Cibinong pada 27 Mei 2021, dan didukung oleh Perkumpulan Jasa Boga Indonesia Kab. Bogor, APICAL, KADIN Kab. Bogor, IWAPI Kab. Bogor, ASITA, PMI Kab. Bogor, dll. Dan tak kalah menarik, event ini akan dihadiri oleh Chef Celebrity Chandra Yudaswara

 

Sumber: Humas Pemkab Bogor