Advertisement

Newspkp.com

Persatuan Wartawan Republik Indonesia selanjutnya dikenal dengan nama “PWRI” Organisasi profesi Jurnalis wadah bagi para wartawan di Indonesia.

Organisasi ini didirikan di Jakarta pada tanggal 3 Mei 2002. PWRI didirikan oleh Suriyanto sebagai ketua umum Kelembagaan Wartawan Republik Indonesia.
Menjelang tahun 2010 Kelembagaan insan pers ini mengkokohkan keberadaannya dan melengkapi legalitas pendirian kelembagaan Persatuan Wartawan Republik Indonesia dengan singkatan PWRI.

Beridirinya Persatuan Wartawan Republik Indonesia dilatar belakangi oleh alasan untuk meningkatkan perbaikan kualitas serta mengakomodir potensi wartawan pada era persaingan global. PWRI melakukan deklarasi pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2010 di hotel Grand Sahid Jakarta.

Deklarasi ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2010. Deklarasi PWRI sekaligus sebagai pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat serta pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia

Kepengurusan PWRI terbagi dalam tiga bagian. Bagian-bagian tersebut dibentuk berdasarkan provinsi, kota, dan kabupaten yang tersebar diseluruh Indonesia. Diantaranya adalah Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Daerah, dan Dewan Pimpinan Cabang. Untuk kepemimpinan PWRI pusat disebut Dewan Pimpinan Pusat, diketuai oleh Suriyanto dan beranggotakan 67 orang. Untuk kepengurusan daerah dibentuk berdasarkan provinsi, disebut Dewan Pimpinan Daerah.Adapun provinsi yang sudah tergabung dalam PWRI diantaranya adalah provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Riau, Sumatra Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Utara, Aceh, Sulawesi Tenggara. Adapun Dewan Pimpinan Cabang adalah kepengurusan yang dipimpin oleh anggota PWRI disetiap kota atau kabupaten. Saat ini ada lebih 38 kota yang sudah tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang PWRI.

Kegiatan organisasi PWRI berfokus pengembangan masyarakat terutama dalam bidang pers dan jurnalistik.  Kegiatan PWRI yang telah dilaksanakan diantaranya adalah pelatihan jurnalis yang dilaksanakan selama 6 minggu, dan seminar-seminar nasional yang mencakup,bidang konstruksi,pertanian,dan politik.

Dan pada proses perjalanannya PWRI terus melebarkan sayapnya dengan banyaknya kantor – kantor DPW dan DPC diseluruh Indonesia, kelembagaan PWRI semakin nampak kerja kerasnya menciptakan tenaga – tenaga jurnalis yang memiliki wawasan seputar dunia media dan ilmu pengetahuan lainnya yang sangat diperlukan secara luas dalam menjalankan tugas pokok sebagai pekerja pers.

Kehadiran DPC PWRI Kabupaten Bogor yang menjadi rujukan organisasi DPC DPC di beberapa wilayah indonesia Kesolidannya tidak diragukan lagi, gerakan gerakan sosial dan kemanusiaan sudah tak terhitung jumlahnya, 24 jam bisa di luangkan waktunya oleh rekan reakan PWRI kabupaten Bogor Raya untuk membntu masyarakat yang terkena bencana atau mencarikan solusi kesulitan maayrakat kabupaten Bogor.
Kesolitan dari anggota DPC.PWRI Bogor Raya, semakin nyata dengan dibentuknya tim – tim tugas dari anggota, yang di laksanakan pada bulan Januari 2021 ini, mulai dibentuk tim TRC.Tim Reaksi Cepat, tim 5 dan tim taman nasional serta tim satgas anti hoax, hal ini tentu berkat kerja keras dari jajaran pengurus BPH.DPC.PWRI.Bogor Raya serta rekan – rekan anggota yang berada di dalam kelembagaan DPC.PWRI.Bogor Raya.

A.Hidayat, merupakan motor pendongkrak kebangkitan DPC.PWRI.Bogor Raya, sejak bulan Januari 2021 pergerakan dan kerja keras kelembagaan ini semakin nyata dan dirasakan oleh anggota hingga masyarakat kabupaten Bogor, dengan membuktukan bentuk kerja sosial diberbagai bantuan kemanusiaan bagi masyarakat kabupaten Bogor yang membutuhkan bantuan yang di alamatkan ke Posko Kemanusiaan Dan Bantuan Hukum, DPC.PWRI.Bogor Raya.
Punggawa yang satu ini sebut saja Bang A.Hidayat yang merupakan wakil sekertaris ini tak perlu diragukan lagi untuk menyerukan semangat bagi anggotnya dalam menyikapi persoalan maupun program kerja, tak heran punggawa yang satu ini dijuluki oleh sebagian rekan – rekan anggota DPC.PWRI.Bogor Raya ini dengan sebutan si “MukeGile”

Artikel kutipan ensiklopedia
Penyusun :
Nonny

 334 total views,  7 views today

loading...

By newspkp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *