Cibinong | newspkp.com – Pemimpin redaksi 0news Media Coporation, ” A.Hidayat. berpesan kepada rekan – rekan jurnalis, menyambut momen hari HPN yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2021, mengajak untuk para pelaku pekerja kuli tinta untuk melawan pemberitaan Hoax yang marak di berbagai ruang media sosial, Hal ini harus kita sikapi mengingat ruang media sosial adalah bukan ruang jendela informasi yang isinya tidaklah dominan berisikan produk jurnalistik tegas, Hidayat.

Ditambahkannya bahwa jurnalis harus mampu memberikan informasi yang baik dan benar pada halayak rakyat Indonesia untuk melawan setiap informasi yang bersipat “HOAX” jika ada di ruang media sosial yang tidak dapat dipertanggung jawabkan produk tersebut. ” dimedsos siapa saja bisa mengaplod sebuah informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan isi pemberitaannya dan kebanyakan masyarakat yang latar belakang profesinya bukan jurnalis kerap mengaplod informasi – informasi yang belum tentu valid sumber beritanya, ujar Hidayat , yang merupakan pemimpin redaksi 0news Media dan Wasekjen DPC.PWRI.Bogor Raya ini.

 

Semoga kedepan rekan – rekan jurnalis baik yang tergabung di kelembagaan PWRI dan kelembagaan lainnya harus menyikapi ruang media sosial jangan sampai tugas tupoksi jurnalistik diambil ahli oleh ruang media sosial, mengingat ini penting sebuah sumber berita akan baik dan benar kalau sumber yang berasal dari narasumber yang benar, namun sebaliknya berita itu akan rusak kalau narasumbernya juga tidak benar dan tidak jelas, oleh karena itu ada beberapa jenis berita yang patut di ketahui oleh masyarakat banyak berita itu ada beragam jenisnya diantarannya berita breakingNews, berita poto dan berita opini, yang berita opini ini sebenarnya sangat beresiko buat teman – teman lakukan,” mengapa.? Berita opini biasanya berisikan berita berdasarkan temuan di tempat kejadian sebuah peristiwa di obyek apapun produknya dan bersipat karya pribadi si jurnalisnya itu sendiri bukan berdasarkan klarifikasi dan konfirmasi sebuah peristiwa perkara. Kalau saya jabarkan soal berita opini ini tidak akan selesai di bahas 24jam, sambil tertawa tutup Hidayat.

Dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari.2021 yang ke 75 tahun ini diharapkan pers harus hadir lebih kedepan sebagai garda pilar ke 4 bangsa ini untuk menyikapi persoalan – persoalan yang sangat he terogen dan global pada bangsa ini.

 

Nuryanih


 389 total views,  1 views today

By newspkp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *