Cisarua │ newspkp.com – Banjir Bandang yang terjadi pada hari Selasa 19 Januari 2021. Di wilayah area perkebunan PTPN VIII Gunung Mas Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Puncak Bogor.

Bencana banjir bandang yang terjadi diperkirakan pada pukul 9.10.wib dan 10. 22.wib, ini terjadi 2 (dua) kali dengan senggang waktu belasan menit berlangsung antara banjir pertama dan banjir susulan kedua ini telah memporak porandakan pemukiman warga yang berada di pemukiman pekerja perkebunan teh PTPN.VIII Gunung Mas Tugu Selatan Cisarua Puncak Bogor.

Ada 90 rumah yang dihuni oleh warga mengalami kerusakan serius sekitar 7 rumah yang tersapu banjir bandang.
,”Ali. Seorang warga yang merupakan korban bencana alam banjir bandang ini menuturkan bahwa bencana ini bermula ketika curah hujan di wilayah Bapunjur sejak tadi malam hingga pagi hari terus hujan mengguyur wilayah Puncak dengan intensitas curah sedang, namun dengan panjangnya durasi turunnya hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut telah menyebabkan bencana banjir bandang yang sangat kuat dan akibat derasnya hujan menyebabkan air terus memenuhi sungai, dan mengakibatkan luapan sungai sudah tidak dapat lagi memenuhi sepadan sungai dan berakibat meluap mendekati pemukiman warga yang berada dikawasan PTPN VIII Gunung Mas Tugu Selatan Puncak Bogor, akhirnya memporak porandakan beberapa rumah yang berada tidak jauh dari aliran sungai tersebut.

Bantuan penanggulangan korban bencana alama banjir bandangpun terus berdatangan baik dari pemerintah kabupaten Bogor dan unsur TNI/Polri serta organ – organ relawan kemanusiaan terus berupaya melakukan evakuasi penyelamatan kepada warga yang terdampak dari banjir bandang.

Untuk sementara informasi yang di dapat dari berbagai sumber di TKP. Hingga saat ini belum diketemukan korban jiwa, namun ada 7 rumah warga yang mengalami kerusakan serius akibat tersapu oleh banjir bandang.

Sementara yang berkaitan dengan evakuasi warga terdampak, Danrem meminta untuk segera menyediakan tempat tinggal sementara dan juga menitik beratkan pada ketersediaan logistik dan kebutuhan lain bagi para pengungsi yang berada di pengungsian.

“Saya ingin menyampaikan duka yang mendalam atas musibah banjir di Semoga masyarakat yang terdampak mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” tandasnya

Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P, M.M selaku Komandan Korem 061/SK memerintahkan kepada seluruh jajaran Muspika untuk segera menangani kejadian bencana alam tersebut secara serius, dan juga segera memperbaiki kerusakan sejumlah sarana yang rusak akibat bencana banjir bandang di Cisarua.

Nuryanih


 1,058 total views,  1 views today

By newspkp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *