Cibinong │ newspkp.com – Dengan semangat penegakan hukum di Indonesia, DPC PWRI BOGOR RAYA selaku kelembagaan wartawan nasional mendukung kinerja aparat penegak hukum dalam hal ini khususnya Instansi Kepolisiaan Republik Indonesia (Polri).

Rohmat Selamat, SH. M. Kn. sebagai ketua DPC PWRI BOGOR RAYA Senin, 1 Februari 2021 telah melayangkan surat audensi kepada Polres Bogor, guna membuka ruang komunikasi antara institusi kepolisian dengan insan pers di wilayah hukum Kabupaten Bogor.

Rohmat mengatakan kepada rekan-rekan jurnalis yang hadir saat dirapat kerja keanggotaan di kantor sekretariat DPC PWRI BOGOR RAYA di Komplek DDN. Surya Praja Sukahati Cibinong Bogor, berpesan kepada awak media untuk kedepan agar karya-karya jurnalis yang merupakan produk berita agar dapat memberikan ruang informasi kepada lapisan masyarakat dan memberikan informasi yang baik dan benar sesuai dengan marwah UU Nomor 40 tahun 1999.

Rohmat menekankan bahwa media memiliki peran sentral dalam segala aspek kehidupan baik hukum, ekonomi, sosial dan politik serta keagamaan yang kita ketahui saat ini maraknya isu-isu banyak bertebaran di berbagai media sosial (MedSos). “Hal ini tentunya menjadi pegangan bagi kita bahwa setiap informasi yang ada di berbagai media sosial itu, jangan sampai mengambil alih tugas dan peran media sebagai sebuah perusahaan yang memiliki legalitas badan hukum serta taat terhadap peraturan dan aturan pemerintah sebagai sebuah perusahaan penerbitan berita baik cetak, online dan media elektronik lainnya ini jangan sampai terkikis dengan berita dari media sosial yang belum tentu jelas sumber asal-usul berita serta narasumber yang benar. Kita ketahui kejadian sehari-hari dimasyarakat banyak sudah orang-orang baik secara pribadi maupun berkelompok. Banyak juga terjadi penyebaran sebuah informasi kemasyarakat yang berupa ajakan atau seruan yang bersifat buruk berupa berita hoax yang dilakukan oleh oknum masyarakat di media sosial, akhirnya berakhir di meja hijau” ujar Rohmat.

Ini menjadikan pelajaran bagi kita bersama bahwa dahsyatnya serbuan berita informasi yang di publis dapat membuat penafsiran beragam dari sudut pandang dan pola pikir seseorang yang mengkonsumsi sebuah berita. Ini sangat berperan kuat sekali dari efek yang ditimbulkan. “Oleh karena itu saya mengajak kepada rekan-rekan wartawan agar dapat menciptakan garda terdepan dalam sebuah karya jurnalistik, mengapa hal ini menjadi sangat penting sekali mengingat peran media sosial saat ini kadang lebih berperan sebagai sebuah produk berita. Padahal media sosial adalah ruang publik yang sulit dipercaya kebenarannya dalam penyampaian sebuah sumber informasi. Lain dengan media yang memiliki legalitas sebagai perusahaan media yang memang dapat dipertanggung jawabkan setiap produk beritanya” tegas Rohmat.

Ditambahkan pula oleh Rohmat, “Untuk kedepan agar media dapat membangun sinergitas dengan instansi Polri dan kelembagaan lainnya guna menciptakan ruang-ruang informasi yang baik dan benar sesuai dengan Tupoksi (Tugas pokok dan fungsi) aturan yang sudah jelas dan gamblang di tuangkan pada UU Pers Nomor 40 tahun 1999 ini. Saya meminta kepada rekan-rekan wartawan yang gabung dikelembagaan DPC PWRI BOGOR Raya ini, baik cetak, online dan media elektronik lainnya dapat melakukan koordinasi lagi dalam membuat sebuah karya berita yang bersifat sosial, hukum, politik dan keagamaan mengingat ke 4 (empat) hal itu banyak terjadi dimasyarakat dan menjadi isu sentral dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat kita” tutupnya.

 

Sumber :
DPC PWRI Bogor Raya


 1,839 total views,  1 views today

By newspkp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *